Alat Uji Kualitas Air Sederhana - Electrodializer

Salah satu alat uji kualitas air adalah elektrodializer, yaitu sebuah alat elektronik sederhana yang berfungsi untuk mengumpulkan mineral terlarut dalam air menjadi oksidanya atau menjadi endapan tertentu dengan menggunakan energi listrik. Warna endapan yang terjadi menunjukkan kandungan mineral (polutan) yang mencemari air yang sedang diuji (lihat tabel dibawah untuk mengetahui jenis polutannya).

Pada skema di atas, tegangan DC dari cuprox diteruskan ke batang besi pejal  (tegangan +) dan batang aluminium pejal (tegangan -). Logam yang digunakan bentuk silinder (hasil bubutan) dengan panjang total  sekitar 9 cm (lebih pendek dari tingi gelas umumnya) dan jarak antara 2 logam sekitar 4 cm. Sebaiknya dibuat  2 pasang logam. Harga alat sederhana ini dipasaran mencapai 250 ribuan.

Penggunaan alat :
Celupkan 2 pasang logam tersebut kedalam air yang akan diuji (bisa untuk 1 gelas ataupun 2 gelas berdampingan) hubungkan dengan tegangan AC, tidak berapa lama logam besi melepas ion FE2+ dan mengikat OH- serta mineral terlarut. Ion Aluminium juga berlaku sama, sehingga jika air tersebut tercemar mineral maka akan membentuk endapan dengan warna tertentu.

Warna endapan
Bahan pencemar
Pengaruh
Hijau
Cuprum, Oksida, Chlorin
penyakit ginjal, Sistem syaraf pusat, Kanker
Hitam
Kalsium, magnesium
Batu ginjal, Kencing batu
Putih
Alumunium, Arsen, Asbestos
Penyakit hati, Sistem syaraf pusat, Kanker
Biru
Alumunium, Sulfur, Phospat, Pestisida
Penyakit hati, Ginjal dan kencing batu, Sistem syaraf
Jingga
Besi oksida
Gangguan air seni,

SELAMAT MENCOBA... 
Artikel yang berhubungan : 

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas kunjungannya.
Silahkan Anda meninggalkan komentar atau request yang belum Anda dapatkan.
Salam Sukses...!

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Google+ Followers