on 11 comments

Mengaktifkan Relay Melalui Nada

Menggunakan catu daya simetris rangkaian ini bisa dipergunakan sebagai switching dengan hanya melalui nada/suara. Dasar dari rangkaian ini adalah Band Pass Filter yang menyaring suara/nada pada frekuensi 1 kHz untuk mengaktifkan relay.
Detail bisa Anda lihat disini....!
SELAMAT MENCOBA..
Artikel yang berhubungan : 
- Sensor

Part List



R1-2-6=10Kohm C1-2-3=100nF D2=1N4001
R3=1Mohm C4=47uF 16V Q1=BC214L
R4=33Kohm C5-7=10nF IC1=LM741
R5=1Kohm C6=20nF [10nF//10nF] RL1=12V Relay >120ohm
R7-8=15Kohm RV1=10Kohm TRIMMER
R9=7.5Kohm [15K//15K] D1=1N4148

11 komentar:

  1. Selamat siang
    Saya mau tanya apakah skema Mengaktifkan Relay Melalui Nada ini bisa dipakai untuk ouput audio hp melalui headset?? (jika bisa saya ingin modifikasi mengaktifkan relay ini melalui HP)

    saya sudah mencoba merakit rangkaian ini, saya belum berhasil, tetapi komponen yang saya pakai tidak sama persis dengan skema tersebut ada yang saya ganti seperti IC LM741 saya ganti dengan IC UA741CN dan Transistor BC214L saya ganti dengan BC309 atau A1015GR, apakah ini yang menjadikan saya belum berhasil??

    apakah rangkaian Mengaktifkan Relay Melalui Nada ini sudah mas coba??

    mohon pencerahannya, thx

    BalasHapus
  2. Siang juga sthiwa_alfaiziey (waah namanya agak complicated..wkk)..relaks dulu...ada 2 hal yg bisa dipertimbangkan; 1. besaran input harus mencukupi untuk dikuatkan lagi oleh IC op-amp,kalo input kurang kuat bisa dikuatkan secara bertingkat. 2. rangkaian filter audio akan mengurangi kekuatan audio input yang frekuensinya masih campur-pada rangkaian diatas band pass filter di set 1kHz. Teorinya bisa kunjungi http://en.wikipedia.org/wiki/High-pass_filter dll. Sudah di adjust RV1 nya? coba juga kurangi nilai R5. Rangkaian lain yang ada di pasaran tetapi memiliki fungsi sama yaitu rangkaian subwoofer otomatis, yg akan berfungsi jika ada sinyal audio yg masuk (lain kali saya posting yaa...maap lg bnyk kerjaan).
    Rangkaian ini blm aq coba...TX kunjungannya..
    Kalo mau chat add me at munirym@yahoo.com. Salam Sukses...

    BalasHapus
  3. mas, yang jadi pertanyaan saya, apakah ic UA741CN dan transistor BC308 atau A1015GR ini bisa dipakai sebagai pengganti??


    Saya sudah mencoba rangkaian ini ketika saya masukkan power dc 12 Volt relay langsung aktif (close) meski belum saya beri input audio pada pangkal C1.

    ketika saya check ternyata relay aktif karena dapat power positifnya melalui kaki basis transitor Q1. apakah IC1 ini langsung memberikan power positif (kaki 6) ketika power 12 VDC di supply, ataukah harus menunggu dulu hingga ada input audio??

    mohon pencerahannya, Thx

    BalasHapus
  4. Bisa karena fungsi dan speknya sama, untuk IC UA741 (http://www.datasheetcatalog.org/datasheet/stmicroelectronics/5304.pdf) bisa diganti oleh LM741 (http://www.datasheetcatalog.org/datasheets/90/53981_DS.pdf). Untuk BC214L (http://pdf1.alldatasheet.com/datasheet-pdf/view/86516/FAIRCHILD/BC214L.html) sebaiknya diganti dengan BC307 yang lebih mendekati data teknisnya(http://www.datasheetcatalog.org/datasheet/MicroElectronics/mXrzxsu.pdf). Untuk BC214L urutannya E-C-B, untuk BC 307/9 kakinya C-E-B jangan sampai kebalik. Seharusnya relay baru aktif kalo mendapatkan input audio. Kalo udah dicek semua oke, (cek kaki tr, offset null adjust) belum sukses, iputnya aja ditukar (antara pin 2 dan 3)sehingga fase outputnya dibalik (inverting input). Tx

    BalasHapus
  5. Mas saya sudah coba adjust pada RV1, memang dari adjust RV1 ini relay yang tadinya aktif berubah menjadi aktif, namun saya belim berhasil mengaktifkan relay saat input audio dikonek dan audio lagu dimainkan.

    Saya mau tanya mas, apakah audio suara lagu dari hanphone yang dikoneksikan melalui headset bisa untuk mengaktifkan relay tsb?? (apakah sesuai frekwensinya jika dimasukkan pada rangkaian tsb)

    Untuk fig.2-Filter for 1 khz tone ini tidak saya pakai, (untuk figure ini maksudnya untuk apa mas?? (menurut saya ini untuk frekwensi 1 khz, frekwensi ini biasanya dipakai pada apa mas??

    thx. (mohon maaf banyak bertanya, maklum saya masih awam dalam ha ini)

    BalasHapus
  6. Skema diatas adalah saklar sensitiv yang akan bekerja jika mendapat input diatas 5mV dimana range frekuansi yang di respon dari 50Hz-3kHz (all range), jadi input berupa sinyal audio baik berupa lagu, pidato dll asal besaran inputnya harus cukup (diatas 5 mV).Cara yang paling mudah coba gunakan input dari peralatan lain (yang bisa diatur volumenya). Fig.2 dipakai jika ingin membatasi respon rangkaian hanya pada 1kHz (mid range-suara tengah/manusia). Digunakan 1 kHz hanya sbg contoh krn bersifat flat frekuensi yang berpengaruh pada perhitungan gain dan bandwith untuk aplikasi yg lbh luas. Jika filter digunakan frek rendah mis 50 Hz maka rangkaian akan merespon nada rendah saja, misalkan digunakan untuk automatic subwoofer.
    Tx , gk papa aq sendiri gk pernah berhenti belajar...kalo krg puas besok aq rakit dulu yaaa...

    BalasHapus
  7. ok mas saya akan coba lagi,
    terima kasih mas, maaf sudah ngerepotin

    BalasHapus
  8. oke...thx balik, sering2 berkunjung
    salam sukses

    BalasHapus
  9. Mas, ada tidak skema untuk mengaktifkan relay dengan menggunakan frekwensi radio, jadi ada transmiter (remote) dan receivernya (wireless).
    thx

    BalasHapus
  10. Saya gk punya, pernah liat rangkaian sederhana diaplikasikan sama hp untuk kendali jarak jauh, dimuat di salah satu tabloid ponsel (lupa namanya) sktr 5 th lalu. Sayang tdk aq record. Aq carikan dulu ..OK..

    BalasHapus
  11. Sy mempunyai alarm dengan buzzer.
    Saya mau mengaktifkan sebuah relay apabila alarm tsb. aktif dan buzzer berbunyi sebagai trigger nya.
    Rangkaian apakah yang harus saya tambahkan?
    Terimakasih banyak
    Salam,
    Andy

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya.
Silahkan Anda meninggalkan komentar atau request yang belum Anda dapatkan.
Salam Sukses...!

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.