Rangkaian Sederhana Penurun Tegangan 12 V DC ke 3 V DC

SELAMAT MENCOBA...

17 komentar:

Anonim mengatakan...

artikel yang cukup menarik nih,tapi saya mau tanya,rangkaian diatas bisa dipake untuk arus yang besr tidak?,misalnya untuk 10 ampere begitu,mohon penjelasan dan solusinya,terima kasih

skemaelektro mengatakan...

Kalo pure jelas gk bisa...bisa2 keluar jin-nya (alias kebakar):D
Kalo pingin amper yg lebih besar bisa mengurangi beban arus dimuka dg mengkopel beberapa IC LM317 dan menambah final transistor. Bisa dipake referensi http://skema-elektro.blogspot.com/2010/12/power-supply-45-25v-10a.html atau http://skema-elektro.blogspot.com/2010/12/power-supply-138v-20a.html.
Gitu yah...mo pake apaan 3 Volt 10 Amp?

Anonim mengatakan...

terima kasih banyak atas sousinya,selalu update terus artikelnya

Anonim mengatakan...

Salam kenal

Saya punya kipas angin 12V yang diyalakan dengan accu mobil... gimana ya caranya agar si kipas angin bisa diatur kecepatannya...? soalnya bawaan kipas angin ga ada pengatur kecepatannya. Rangkaian diatas bisa ga ya digunakan untuk mengurangi tegangan acu 12 V sehingga kecepatan kipas angin bisa berkurang?

Demikian terima kasih

Salam
welly

skema elektro mengatakan...

Rangkaian di atas gk bisa pake kipas anginmu..Pengaturan kecepatan kipas angin (kalo untuk teg ac 220 volt) secara umum menggunakan variasi jumlah lilitan (kyk yg di mixer buat adonan kue). Dalam kasus welly, bisa digunakan rangkain yg di
http://skema-elektro.blogspot.com/2010/11/dc-converter-12v-ke-7-11v.html dengan tambahan resistor 0,47 ohm/5 W untuk mengurangi laju kuat arus aki. Oke, tx kunjungannya..salam sukses

Hariman mengatakan...

dear skema elektro aku mau tanya neh, sory klo diluar topik : aku punya mobile inverter dc to ac yang 150 watt trus karna aki nya terpakai untuk mobil trus aku mau pake adaptor 1 ampere 12 volt untuk memakai inverter tsb, apakah bisa arus aki/batrai diganti arus dari adaptor untuk menggunakan inverter tsb ? mohon pencerahan, klo bisa PM aja ke emailku di hariman.marsapana@gmail.com

skema elektro mengatakan...

Dear Hariman, gk pa2 selama yg dibahas ttg "setrum" msh dlm topik kok..wkk.
Gini mas rumus umum Daya = Tegangan x Kuat arus atau ditulis : P (watt)= V (volt) x I (amper). Karena tegangan aki yg ada di pasaran 6 dan 12 volt, saya asumsikan punya pean 12 volt maka kuat arus yg diperlukan I = 150 watt/12volt = 12,5 amper (kebutuhan minimal mencapai daya optimum dg dianggap kerugian daya melewati inverter adalah nol). Nah jika ingin replace aki dg adaptor paling tidak trafonya harus besar mendekati 12,5 Amper.
Saya kira 10 A jg bisa ngangkat meski daya tidak optimum.
Oke, aq copas ke emailmu..
Tx, kunjungannya..kalo krg jelas bs kontak lagi...salam sukses.

Anonim mengatakan...

Dear skema elektro, Mohon info rangkaian elektronik untuk ubah 12 Volt accu mobil menjadi 5.2 Volt 1500mA. Saya pakai untuk media player. Awalnya saya pakai rangkaian sederhana IC 7805 namun jika media player di hidupkan panas sekali walaupun sudah di pasangi aluminum pendingin? mohon bantuannya, klo bisa PM aja ke emailku di whardana@multindo-technology.com

Muhamad Amir mengatakan...

maaf ganggu nih..
saya mau tanya, gini nih..
saya punya accu motor 12 V 5 aH. mau saya turunkan untuk menghidupkan mesin aeromodelling (sebagai pemantik busi) biasanya saya pake 4 Buah baterai ABC yg besar sekali..

kalo gak salah 1,5 Volt yah? nah itu kita pake 4 buah.. kalo gak salah berarti 1,5x4=6V yah.. nah ampernya saya perkirakan 1200mah ngaruh gak kalo 5 aH saya tetap pake. jadi cuma nurunin 12 V ke 6V aja? resiko kalo gak diturunin amper apa yg terjadi? lalu rangkaiannya bagaimana yah? bahan nya juga. hehe maklum msh newbie nih. maaf bnyk tanya.

mohon di jawab dan di PM klo bisa ke m_amir_abdillah@yahoo.co.id.

trims skema elektro..

Heru_ayah_Zidane mengatakan...

saya mau nanya nih, anak saya punya mainan mobil aki, dan daya aki nya 6 volt, saya punya aki mobil 12 volt yang nganggur< rencana mau saya pasang aki saya tersebut< gimana ya caranya, sekalian saya minta rangkaiannya untuk indikator level baterai agar tau kondisi daya aki dan kondisi pengecasan sudah penuh atau belum. kalu bisa rangkaiannya dikirim ke herurasna@gmail.com

Anonim mengatakan...

mas,saya mau buat penurun tegangan buat aki motor dari 12 ke 3 - 4 volt
saya pakai IC 7805 tapi kok panas ya
apa mungkin karena aki yang saya pakai kegedean Amperenya, soalnya saya pakai aki vixion mas. maklum nubi... hehe
mohon pencerahan, dan kalau ada rangkaian yang cocok mohon di kirim ke hiro_nakamura68@yahoo.co.id

rohman mengatakan...

mas klau mau merubah tegangan aki 12v menjadi 8v, dr rangkaian di atas komponen apa saja yg harus di ganti ? Saya tunggu pm nya ya di flaffy.09@gmail.com. Trimakasih banyak

Anonim mengatakan...

mas, saya mau tanya kalau menaikan setrum dari 8v ke 12v dc bisa gx mas, kalau bisa seperti apa skemanya mas? 12v 1,5am

Anonim mengatakan...

oh yah mas lupa saya mas, kalau memang bisa "mas, saya mau tanya kalau menaikan setrum dari 8v ke 12v dc bisa gx mas, kalau bisa seperti apa skemanya mas? 12v 1,5am " tolong balas mas atau kirim ke email saya mas, jlotus168@yahoo.com. makasih mas

Frendhika Herley mengatakan...

Ass.... saya ada permintaan, tolong berikan skema penurun tegangan dari aki kering motor menjadi 11 s.d 14 V DC 8 Ampere (max). gambar skema dikirim ke e-mail :fhymps6@yahoo.co.id,
Tolong dikirim secepatnya 4 Juli 2012 karena sangat dibutuhkan.

Anonim mengatakan...

Anak saya punya mainan mobil aki, dan daya aki nya tertulis 6 volt 7Ah, saya punya aki dari UPS tertulis 12-14.5 volt 2.35Ah. rencana mau saya pasang ke mainan tersebut. gimana ya caranya? sekalian minta rangkaiannya untuk indikator level baterai agar tau kondisi daya aki dan kondisi pengecasan sudah penuh/belum. kalu bisa rangkaiannya dikirim ke nick_kids903@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

permisi, mas

mohon bantuannya,
saya punya motor dengan aki 12 volt 5 ah, dan saya ingin memasang instrumen elektronik (tachometer) yang ternyata rentang daya kerjanya hanya 9 volt (sumber listrik dari baterai kotak 9 volt biasa).
saya ingin agar dapat dipasang langsung pada motor (sumber tenaga dari aki), jadi saya harap mas bisa memberi solusi sederhana.
utamanya agar saya dapat memasangnya sendiri atau minta bantuan adik laki-laki saya yang buta elektronika.
mohon agar dapat dikirim ke altasephira@gmail.com
maaf mengganggu, dan terima kasih banyak sebelumnya :)

Poskan Komentar

Terima kasih atas kunjungannya.
Silahkan Anda meninggalkan komentar atau request yang belum Anda dapatkan.
Salam Sukses...!

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Google+ Followers